1. Berikut ini yang merupakan contoh praktik
totemisme adalah ….
A. menyembah banyak dewa pada masyarakat Hindu
B. membuat ukiran-ukiran dari kayu yang
berkualitas tinggi
C. membuat benda-benda seni yang dipersembahkan
ke Dewa
D. mendirikan bangunan rumah adat untuk
menyimpan benda-benda pusaka
E. membuat
patung Mbis simbol arwah nenek moyang pada masyarakat Papua
2. Perhatikan pernyataan berikut !
(1). Kebenaran bersifat mutlak
(2). Berdasarkan wahyu Tuhan
(3). Konsep ketuhanannya monotheisme
(4). Konsep ketuhanannya
polytheisme
(5). Fleksibel terhadap perubahan yang terjadi
dalam masyarakat
Yang termasuk ciri-ciri agama samawi adalah ….
A. (1),
(2), dan (3) D. (2), (3), dan (5)
B. (1),
(2), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
C. (2),
(3), dan (4)
3. Ketika
manusia tidak mampu menyelesaikan masalah kehidupan, ia berpaling pada kekuatan
supernatural dan manipulasi makhluk yang mendorong lahirnya agama. Agama
tersebut dibedakan menjadi agama wahyu dan agama bumi. Agama bumi diantaranya
Kong Hu Chu, Tao, dan agama suku dengan karakteristik ….
A. tidak
mengenal kitab suci
B. filsafat
sebagai sumber agama
C. mengenal
satu Tuhan penguasa alam
D. pemimpin
agama adalah Raja-Kaisar
E. mengenal
stratifikasi dalam masyarakat
4. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1). Sistem kepercayaan
(2). Sitem kekuatan sakti
(3). Sistem upacara keagamaan
(4). Umat yang menganut agama
(5). Fanatisme keagamaan yang tinggi
Yang termasuk unsur pokok dalam suatu struktur agama adalah ....
A. (1),
(2), dan (3) D. (2), (3), dan (5)
B. (1),
(3), dan (4) E. (3), (4), dan (5)
C. (2),
(3), dan (4)
5. Agama
menyeleksi kaidah-kaidah susila yang ada. Kaidah yang baik dikukuhkan sebagai
norma, dan kaidah yang buruk dikukuhkan sebagai larangan. Bagi yang melanggar
kaidah akan diberikan sanksi. Proses ini sesuai dengan fungsi agama ....
A. fungsi
pengawasan sosial D. fungsi edukatif
B. fungsi
penyelamatan E. fungsi afektif
C. fungsi
persaudaraan
6. Perhatikan kegiatan keagamaan berikut !
(1). Pengajian setiap malam Jumat yang dihadiri
oleh umat lain
(2). Silaturahmi antarumat beragama yang dilakukan
di pondok pesantren
(3). Para peziarah berdoa di makam Sunan Gunung
Jati dengan menggunakan bunga dan kemenyan sebagai sesaji
(4). Bersemedi menyiapkan sesaji serta membakar
kemenyan untuk roh leluhur
Berdasarkan kegiatan tersebut yang termasuk proses sinkretisme adalah….
A. (1) dan
(2) D. (2) dan (3)
B. (1) dan
(3) E. (3) dan (4)
C. (1) dan
(4)
7. Agama dapat menjadi pemelihara solidaritas sosial. Maksud dari
pernyataan tersebut adalah ....
A. melalui agama, manusia dapat saling mengasihi
B. melalui agama,
setiap orang dapat hidup tentram, tidak saling bertengkar
C. melalui
agama, manusia siap membantu orang lain yang seagama
dengannya
D. melalui
agama, masing-masing pemeluk agama merasa setiap agama intinya sama
E. melalui agama, manusia dapat meningkatkan keamanan di
tempat tinggalnya
8. Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
(1).
Ada kekuatan gaib yang bersumber dari kekuatan alam
(2).
Percaya pada roh halus yang baik dan yang jahat
(3).
Ada sesaji dan tempat yang dianggap keramat
(4).
Percaya roh gaib yang berasal dari manusia yang sudah meninggal
(5). Kekuatan gaib yang berasal dari binatang
yang sudah mati
Yang merupakan unsur kepercayaan dinamisme adalah
....
A. (1), (2),
dan (3) D. (2), (3), dan (4)
B. (1), (3), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
C. (1), (4), dan (5)
9. Dalam
rangka mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama, perlu dihindari sikap
....
A. taat dan patuh terhadap keyakinan agamanya
B. menghargai perbedaan keyakinan antarumat
beragama
C. memaksakan
ajaran agama yang diyakini kepada orang yang tidak seagama
D. tidak
mencampuradukkan ajaran agama atau kepercayaan satu dengan yang lain
E. menghormati kebebasan dalam menjalankan
ibadah sesuai dengan agama dan
kepercayaannya
10. Setiap
agama memiliki aturan-aturan tertentu yang mengikat penganutnya dalam
menjalankan ajarannya. Namun demikian, di Indonesia penganut agama Islam
Kejawen menggabungkan praktik keagamaannya dengan kebiasaan yang dilakukan
agama lain, seperti berdoa dengan menggunakan sesaji, membakar kemenyan, dan
bersemedi di tempat-tempat keramat. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan
telah terjadi proses ….
A. animisme D. totemisme
B. dinamisme E. pantheisme
C. sinkretisme
11. Perhatikan beberapa kegiatan berikut:
(1). Pemberian
sesajen yang dilakukan para nelayan di Pantai Selatan untuk menghormati roh
penguasa pantai
(2). Di keraton Yogyakarta setiap tanggal 1 Suro
bulan Jawa diselenggarakan upacara memandikan benda-benda pusaka
(3). Masyarakat Jawa masih
melakukan sesaji untuk menghormati orang yang telah meninggal
(4). Masyarakat Bali menaruh sesajen untuk para
dewa di tempat-tempat yang dianggap keramat
Yang merupakan ciri-ciri kepercayaan Animisme adalah ....
A. (1) dan (2) D. (2) dan (4)
B. (1) dan
(3) E. (3) dan (4)
C. (1) dan
(4)
12. Perhatikan unsur-unsur
kepercayaan berikut ini !
(1).
Percaya kepada satu Tuhan
(2). Di sekeliling tempat tinggal terdapat roh
(3).
Adanya jiwa dalam benda-benda tertentu
(4).
Kegiatan keagamaan ditujukan kepada Tuhan
(5).
Upacara-upacara bertujuan mencapai kesatuan dengan Tuhan
Ciri-ciri
unsur kepercayaan Monotheisme ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1),
(2), dan (3) D. (2), (4), dan (5)
B. (1), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
C. (2),
(3), dan (4)
13. Beberapa
perilaku masyarakat:
(1). Orang Yunani kuno percaya pada Dewa
(2). Orang
Nias yang percaya pada patung leluhur
(3). Orang
Islam percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa
(4). Orang Hindu yang mempercayai Dewa Angin, Dewa
Api, Dewa Laut
Yang
menunjukkan penganut kepercayaan Politheisme adalah ....
A. (1)
dan (2) D. (3) dan (5
B. (1) dan (4) E. (4) dan (5)
C. (2) dan (3)
14. Manusia
baik sebagai makhluk individu maupun sosial mempunyai sifat tidak puas terhadap
apa yang dimiliki dan
diraihnya. Mereka selalu
ingin mengejar keinginannya
untuk memperbaiki kehidupannya.
Adanya gerak masyarakat secara terus-menerus ini disebut ....
A. dinamika
budaya D.
integrasi budaya
B. gegar
budaya E.
karakteristik budaya
C. unsur-unsur
budaya
15. Perilaku
keagamaan yang dijalankan masyarakat bisa berbagai dampak, baik dampak positif
maupun dampak negatif. Adanya fanatisme terhadap keyakinannya dan menganggap
ajaran agamanya lebih benar dari ajaran agama lain. Hal ini akan berdampak
negatif yaitu …
A.
adanya
gotong royong di antara pendukung agama
B.
terjadi
konflik di antara pendukung agama yang berbeda
C.
timbulnya
perpecahan diantara anggota kelompoknya
D.
timbul
perpecahan antar pemeluk agama yang sama
E.
dapat
mendorong terjadinya kerjasama di bidang agama
0 komentar:
Posting Komentar